Monday, January 11, 2016

Sejarah Wanita Menjadi Gubernur di Indonesia

Bersama wakil gubernur terpilih, Mohammad Masduki, Ratu Atut Chosiyah sebagai gubernur wanita pertama di Indonesia, dilantik pada 11 Januari 2007 dalam Sidang Paripurna Istimewa di Cipocok Jaya. Pelantikannya dipimpin oleh Ketua DPRD Banten, Ady Surya Dharma.

Ratu Atut Chosiyah terpilih juga tercatat sebagai wagub wanita pertama di Indonesia berpasangan dengan Djoko Munandar pada 11 Januari 2002. Ketika Djoko Munandar dicopot dari jabatannya karena terkait kasus korupsi, ia ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Gubernur Banten. Ia adalah wanita pertama yang menjabat sebagai pejabat Pelaksana Tugas gubernur sebuah Provinsi di Indonesia.

Pada Pemilu Kepala Daerah Banten Tahun 2011, Ratu Atut yang berpasangan dengan Rano Karno memenangi pemilukada, dan terpilih menjadi pasangan gubernur dan wakil gubernur Banten periode 2012-2017.

Ratu Atut Pada akhirnya juga tersandung masalah, yakni kasus suap yang melibatkan Akil Mukhtar - Ketua Mahkamah Konstitusi pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan mengakibatkan dirinya juga diberhentikan dari jabatan gubernur Banten periode 2012-2017. Posisi gubernur akhirnya diganti Rano Karno dan dilantikl secara resmi pada 12 Agustus 2015.



Sejarah Jagat Lainnya silahkan Buka Halaman
Load disqus comments

0 comments