Friday, January 8, 2016

Asam Urat atau Gout: Sejarah Asal Usul Penyebab dan Solusinya

Asam urat adalah peradangan yang sangat menyakitkan pada sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat. Jempol kaki adalah target yang paling umum, tetapi asam urat juga dapat menyerang kaki, pergelangan kaki, lutut, dan tangan

Asam urat adalah produk limbah dari metabolisme dalam tubuh yang terbentuk melalui proses pencernaan makanan. Semua manusia menciptakan asam urat dari makanan yang dikonsumsi setiap harinya khususnya makanan yang tinggi purin.

Umumnya setiap individu mengangkut sekitar 70% asam urat tubuh melalui ginjal dan kemudian akhirnya dibuang melalui ruing saat buang air kecil.

Anti Asam Urat: Ramuan Jus Nenas + Lobak dan Kemiri 
Sebenarnya, asam urat ini sangat penting untuk manusia sebagai supplier elektron yang tinggi serta menguatkan sistem antioksidan, nah loo!. Bahkan, asam urat ini bertanggung jawab atas 50% dari kemampuan antioksidan plasma darah dalam tubuh. Namun dibalik manfaatnya untuk tubuh, kelebihan asam urat  dalam tubuh ternyata menyebabkan gangguan kenyamanan kita. Kondisi kelebihan kadar asam urat atau asam urat yang tidak normal ini dikenal sebagai hyperuricemia yang merupakan penyebab umum dari terbentuknya batu ginjal dan asam urat.

Solusi Asam Urat

Menurut para praktisi medis, penanganan penyakit Gout memiliki dua sasaran utama, yaitu meringankan gejalanya dan mencegah serangan terulang kembali.

Dalam meringankan gejala, Anda bisa melakukannya dengan menempelkan kantung es pada bagian sendi yang terasa sakit. Selain itu Anda bisa pula mengonsumsi obat pereda rasa sakit seperti obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Selain obat tersebut, obat lainnya seperti colchicine atau corticosteroids, tentunya dengan resep dokter.

Sejarah Jagat Lainnya silahkan Buka Halaman
Load disqus comments

0 comments