Saturday, January 2, 2016

Sejarah 2 Januari

Kejadian dan peristiwa penting di jagat raya dapat diceritakan baik secara kilas balik sebagai berikut:

2016:
Rumors tentang turun atau berkurangnya gravitasi bumi selama 4 menit yang menyebabkan benda atau objek menjadi melayang karena penurunan bobot secara parsial. Menurut astronom Inggris Patrick Moore, tepat pukul 08:32 pagi PST (Pacific Standard Time) pada 2 Januari, Pluto akan lewat tepat di belakang Jupiter, dalam kaitannya dengan bumi.

1959
Pesawat ruang angkasa Uni Soviet Luna 1 mencapai bulan, namun ia mengalami jatuh setelah menghantam permukaan bulan. Luna 1 atau juga disebut Mechta adalah buatan manusia pertama yang mencapai kecepatan melepaskan diri dari bumi sekitar 40.270 Km/jam.

1817
Wafatnya Pahlawan wanita asal Maluku, Martha Christina Tiahahu pada 2 Januari 1818 dalam usia 17 tahun. Ia adalah seorang gadis dari Desa Abubu di Pulau Nusalaut. Lahir sekitar tahun 1800 dan pada waktu mengangkat senjata melawan penjajah Belanda berumur 17 tahun. Ayahnya adalah Kapitan Paulus Tiahahu, seorang kapitan dari negeri Abubu yang juga pembantu Thomas Matulessy dalam perang Pattimura tahun 1817 melawan Belanda. Martha Christina tercatat sebagai seorang pejuang kemerdekaan yang unik yaitu seorang puteri remaja yang langsung terjun dalam medan pertempuran melawan tentara kolonial Belanda dalam perang Pattimura tahun 1817. Di kalangan para pejuang dan masyarakat sampai di kalangan musuh, ia dikenal sebagai gadis pemberani dan konsekwen terhadap cita-cita perjuangannya. Di Kapal Perang Eversten, Martha Christina Tiahahu menemui ajalnya dan dengan penghormatan militer jasadnya diluncurkan di Laut Banda menjelang tanggal 2 Januari 1818. Menghargai jasa dan pengorbanan, Martha Christina dikukuhkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.


Sejarah Jagat Lainnya silahkan Buka Halaman
Load disqus comments

0 comments