Friday, January 1, 2016

Sejarah Jagat 1 Januari

Secara kilas balik dapat diketengahkan informasi tentang peristiwa penting yang terjadi pada 1 Januari.

2007:
Pesawat Adam Air dengan nomor penerbangan 574  yang dipiloti oleh Kapten Refri Agustian Widodo dan kopilot Yoga Susanto mengudara. Namun mereka yang terbang dari Bandara Juanda (SUB) Surabaya, pada 1 Januari 2007 tak pernah tiba di Bandara Sam Ratulangi (MDC). Meski burung besi pembawa 4 pramugari: Verawati Chatarina, Dina Oktarina, Nining Iriyani dan Ratih Sekar Sari, dijadwalkan landing di Manado pukul 16.14 WITA. 96 penumpang yang dibawanya juga tak ada yang selamat.

1993:
Cekoslowakia pecah menjadi dua negara: Ceko dan Slowakia

1984:
Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng mulai beroperasi

1983:
Bandar Udara Kemayoran di Jakarta mulai berhenti beroperasi

1947:
Perang 5 hari 5 malam di Kota Palembang. Seperlima kota Palembang hancur serta korban berjatuhan
Monumen Perlawanan Rakyat di Palembang
di kedua belah pihak. Pada tanggal 6 Januari 1947, akhirnya dicapai persetujuan gencatan senjata antara Belanda dan pimpinan Pemerintah RI di Palembang. Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang merupakan pertempuran tiga matra dan perang terbesar dan terlengkap yang pertama kali kita alami. Namun pihak kita hingga akhir pertempuran masih dapat bertahan berkat semangat pengorbanan jiwa, jihad dan patriotisme yang besar dari para pejuang dan rakyat (lemabang.wordpress.com)

1800:
Pembubaran secara resmi Vereenigde Oostindische Compagnie (Perserikatan Perusahaan Hindia Timur atau Perusahaan Hindia Timur Belanda) atau VOC yang didirikan pada tanggal 20 Maret 1602 sebagai perusahaan Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Disebut Hindia Timur karena ada pula VWC (Vereenigde Westindische Compagnie) yang merupakan perserikatan dagang Hindia Barat. Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan pertama yang mengeluarkan pembagian saham. Pada tanggal 31 Desember 1799 VOC yang sudah dinilai tidak sehat lagi karena alasan-alasan: (1) Banyak pegawai VOC yang curang dan korupsi, (2) Banyak pengeluaran untuk biaya peperangan contoh perang melawan Hasanuddin dari Gowa, (3) Banyaknya gaji yang harus dibayar karena kekuasaan yang luas membutuhkan pegawai yang banyak, (4) Pembayaran Devident (keuntungan) bagi pemegang saham turut memberatkan setelah pemasukan VOC kekurangan (5) Bertambahnya saingan dagang di Asia terutama Inggris dan Perancis (6) Perubahan politik di Belanda dengan berdirinya Republik Bataaf 1795 yang demokratis dan liberal menganjurkan perdagangan bebas dibubarkan.

630:
Nabi Muhammad SAW bersama bala tentara dengan pertolongan Allah menaklukkan Kota Makkah

Sejarah Jagat Lainnya silahkan Buka Halaman
Load disqus comments

0 comments