Saturday, December 26, 2015

Sejarah Jagat 26 Desember

Beberapa peristiwa penting dalam sejarah dunia tercatat pada 27 Desember. Secara kilas balik dapat diinformasikan sebagai berikut:

2012:
Shinzo Abe terpilih sebagai Perdana Menteri jepang menggantikan Yoshihiko Noda.

2004:
Tragedi Gempa - Tsunami Aceh. Pukul 7.59 waktu setempat, gempa berkekuatan 9,1 sampai 9,3 skala Richter mengguncang dasar laut di barat daya Sumatra, sekitar 20 sampai 25 kilometer lepas pantai. Hanya dalam beberapa jam saja, gelombang tsunami dari gempa itu mencapai daratan Afrika. Gelombang Tsunami Desember 2004 dicatat sebagai bencana alam terparah selama sejarah modern tulis National Science Foundation (NSF), salah satu lembaga ilmiah paling bergengsi di Amerika Serikat.




2003:
Bam, Kota kuno di Iran, diluluhlantakan oleh gempa bumi (M = 6.7) yang membawa lebih dari 26.000 korban jiwa.

1974:
Stasiun luar angkasa Soviet, Salyut 4, diluncurkan, dan tetap berada di orbit selama dua tahun.

1908:
Jack Johnson menjadi orang kulit hitam pertama yang menyandang gelar tinju kelas berat dunia ketika ia mengalahkan Tommy Burns di Australia; dunia tinju yang dikuasai orang kulit putih kemudian memulai pencarian “harapan besar kulit putih” untuk merebut kembali gelar juara.

1825:
Di Rusia, pemberontakan Decembrist dimulai ketika tiga resimen tentara Rusia berkumpul di Senate Square di Saint Petersburg dan menolak untuk bersumpah setia kepada kaisar Rusia yang baru, Nicholas I; mereka ditembaki, dan sekitar 80 tentara dan penonton sipil tewas

*) sumber gambar: dw.com

Sejarah Jagat Lainnya silahkan Buka Halaman
Load disqus comments

0 comments