Friday, December 25, 2015

Sejarah Jagat 25 Desember

Secara kilas balik berikut peristiwa penting yang terjadi pada 25 Desember

2015:
Presiden Joko Widodo menunda kunjungan ke Kupang, Nusa Tenggara Timur

1991
Mikhail Gorbachev
Presiden Mikhail Gorbachev yang terkenal dengan konsep glasnost (keterbukaan politik), perestroika (restrukturisasi ekonomi), dan uskoreniye (percepatan pembangunan ekonomi).mengundurkan diri sebagai presiden Uni Soviet (Uni Soviet sendiri lebur sehari setelahnya). Kekuasaannya secara efektif sirna saat negara adidaya Rusia dan sebagian besar republik lain membentuk Commonwealth of Independent States untuk menggantikan Uni Soviet.

1989:
Nicolae Ceauşescu, mantan diktator komunis Rumania, dihukum mati oleh pengadilan tak resmi dan dieksekusi.

1941:
Pada tanggal 25 Desember 1941, Hongkong resmi diduduki oleh Jepang. Penyerbuan selanjutnya ditujukkan terhadap Malaysia yang merupakan pusat pertahanan Inggris yang vital. Inggris mempertahankan Malaysia secara mati-matian, tetapi akhirnya berhasil dilumpuhkan pada bulan Februari 1942. serangan berikutnya dilancarkan ke Jepang ke wilayah Birma. Akhirnya Jepang  berhasil menguasai Birma pada bulan Mei 1941. Jepang juga membom Lapangan Terbang Ulin, yang merupakan serangan pertama kalinya terhadap kedudukan Belanda di Kalimantan Selatan.

1926
Hirohito dilantik menjadi Kaisar Jepang, menggantikan Kaisar Taisho.

1066:
Pengangkatan William Sang Penakluk sebagai raja Inggris, di Westminster Abbey, London.

800:
Pengangkatan Charlemagne sebagai Kaisar Romawi Suci di Roma.

440:
Natal pertama kali diselenggarakan

6 SM:
Kelahiran Nabi Isa AS. Hari ke-359 (hari ke-360 dalam tahun kabisat) ini dikenal sebagai hari Natal bagi umat Kristen di seluruh dunia.

.
Sejarah Jagat Lainnya silahkan Buka Halaman
Load disqus comments

0 comments