Wednesday, November 18, 2015

Sejarah Jagat 18 November

Sejarah Indonesia dan dunia yang terukir pada 18 November secara kilas balik dapat diceritakan sebagai betrikut:


kompas.com
2014:
Mulai 18 November 2014 pukul 00.00, BBM jenis premium naik dari Rp 6.500 menjadi Rp 8.500, dan solar dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 setelah sehari sebelumnya Presiden RI mengumumkan kebijakan kenaikan harga BBM. Dalam kesempatan tersebut Jokowi mengingatkan, negara membutuhkan anggaran untuk membiayai infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Jokowi pun menjelaskan bahwa anggaran ini tidak tersedia karena dihamburkan untuk subsidi BBM.

2000:
Provinsi Banten diresmikan berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2000, dengan caretaker atau Penjabat Gubernur pertama H. Hakamudin Djamal untuk menjalankan roda pemerintahan sampai terpilihnya Gubernur definitif.


1978: 
Lebih dari 900 anggota sekte agama di Amerika yang dinamakan People’s Temple melakukan bunuh diri atas perintah pemimpin mereka, Jim Jones, di Jonestown, sebuah komune di barat laut Guyana dengan cara minum jus buah yang dicampur dengan sianida.

1962: 
Niels Bohr meninggal dunia. Bohr adalah salah satu fisikawan teoritis yang paling penting dari abad ke-20, yang pernah meletakkan dasar-dasar teoritis disiplin ilmu fisika atom.

1928: 
Steamboat Willie, kartun animasi pertama dengan suara yang dibintangi Micky Mouse dan Minnie Mouse, tayang perdana di New York City.

1912
Kyai Haji Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Muhammadiyah di Kauman Jogjakarta bertepatan 8 Dzulhijah 1330H. Muhammadiyah adalah ormas Islam terbesar kedua di Indonesia, didirikannya sebagai lembaga dakwah yang bertujuan untuk memurnikan Islam dari ajaran-ajaran bid'ah.

1820: 
Nathaniel Brown Palmer, kapten laut AS, melihat apa yang sekarang dikenal sebagai Kepulauan Antartika (juga Kepulauan Palmer) dan Semenanjung Antartika (ujung selatan yang bernama Tanah Palmer); ia mungkin menjadi orang pertama yang melihat daratan Antartika.



Sejarah Jagat Lainnya silahkan Buka Halaman
Load disqus comments

0 comments