Sunday, January 31, 2016

Sejarah Asal usul Poster

Adalah Prancis, khususnya Kota Paris, di akhir abad 19 hingga beberapadekade awal abad 20, yang menjadi pusat perkembangan poster modern. Penulis Perancis GuillaumeApollinaire menggambarkan hubungan berbagai jenis publikasi modern dan kehidupan Kota Paris masa itu:"Katalog, poster, dan berbagai pamflet iklan... . Percayalah pada saya, semua ini adalah puisi zaman(modern) kita." Seni(man) poster benar-benar mendapat peran penting dalam dinamika kehidupan kota dimasa itu.Awalnya, ini dipicu oleh perkembangan teknik cetak warna litografi yang sudah berkembang sejak abad XVIII.

Poster karya Tadeusz Trepkowski tentang Penolakan Perang
Seniman cetak grafis Jules Cheret dengan litografi multiwarnanya membangkitkan gairah seniman di eranya untuk menjelajahi kemungkinan baru dalam seni poster. Pamflet dan poster sebelum inovasi Cheret kebanyakan hanya berukuran kecil dan dipenuhi teks. Cheret telah mengubah semua itu: poster menjadi sangat pictorial, didominasi gambar dan teks menjadi menciut porsinya. Namun, tentu saja ada daya sosio-ekonomi, yakni faktor yang lebih mendasar, yang ikut mendorong perkembangan seni poster ini sendiri.

Sejak akhir abad ke-19, industrialisasi memicu produksi barang-barang konsumsi, tempat berpijak jasa periklanan modern. Kehidupan kota, yang tumbuh jadi pusat kesibukan modernisasi, dipenuhi acara hiburanbagi kelas menengah baru, menyediakan pentas luas juga bagi pekerja seni poster. (sumber definienda.com)

Bagaimana Ciri-ciri, dan Jenis-jenis Poster?  Baca Juga Artikel Lainnya di laman:
Load disqus comments

0 comments