Friday, January 29, 2016

Sejarah, Asal Usul Model Masyarakat Prismatik

Adalah Fred W. Riggs (1917-2008) orang atau ilmuwan yang mengenalkan model masyarakat prismatik atau sala. Model Sala digunakan Riggs untuk menganalisis sistem administrasi negara yang ditemukan dan berada di dalam masyarakat yang sedang berkembang atau berubah dalam proses perubahan yang terjadi dari tipe masyarakat yang tradisional ke tipe masyarakat modern.

Nama Prismatik yang digunakan oleh FW Riggs untuk menyebut masyarakat yang sedang berkembang atau berubah berasal dari kata prisma. Prisma merupakan sebuah benda yang berbentuk bidang segitiga yang mampu memunculkan beraneka warna yang berbeda jika ada sebuah sinar disorotkan kepadanya, atau dari satu menjadi banyak dengan warna yang berbeda-beda dalam suatu waktu dan tempat ibarat seperti pelangi.

Masyarakat diasumsikan seperti demikian, masyarakat tradisional ibaratkan sebagai sinar yang tunggal (sebelum masuk ke dalam bidang prisma), sedang masyarakat modern diibaratkan sebagai aneka warna (yang muncul selepas bidang prisma) dan masyarakat yang sedang berkembang atau prismatik adalah bidang prisma itu sendiri yang didalamnya terjadi proses berubahnya sinar yang tunggal untuk menjadi beraneka warna.


Artikel atau Tulisan tentang Model Masyarakat prismatik Lainnnya
dapat dibuka pada laman berikut:
Load disqus comments

0 comments