Monday, November 16, 2015

Sejarah Jagat 16 November

Berikut peristiwa yang terjadi pada 16 November, baik hari ini ataupun diinformasikan secara kilas balik.

2015:
Blog Sejarah Jagat.com lahir, sebagai blog ke-17 Gus Priyono. Blog ini lahir sebagai kreativitas saat mencermati berbagai peristiwa di tanah air yang patut dicatat untuk memberikan informasi histografi bagi berbagai kalangan yang membutuhkannya.

2015:
Setya Novanto dan Sudirman Said
"Kasus Papa Minta Saham" mencuat di kalangan publik Indonesia, diawali oleh laporan Menteri
ESDM Kabinet Kerja Presiden Jokowi, Sudirman Said. Menteri Sudirman Said melaporkan ketua DPR RI Setya Novanto kepada MKD (Majelis Kehormatan DPR RI). Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said membeberkan kronologis kejadian anggota DPR pencatut nama presiden dan wakil presiden terkait perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

1940
Ghetto Warsawa, yang dibuat oleh otoritas pendudukan Jerman pada bulan Oktober, ditutup dari seluruh kota; 400.000 orang Yahudi memadati ghetto itu.

1928:
Sir Hubert Wilkins dan Carl Ben Eielson membuat penerbangan pesawat pertama di Antartika.

1907:
Oklahoma (kata Choctaw berarti “orang kulit merah”) menjadi negara bagian ke-46 Amerika Serikat, yang diciptakan dengan menggabungkan Wilayah Oklahoma dengan Wilayah Indian.

1632:
Dalam Pertempuran L├╝tzen, selama Perang Tiga Puluh Tahun, Swedia mengalahkan tentara kekaisaran Albrecht von Wallenstein, tapi Raja Swedia Gustav II Adolf tewas.

1532:
Francisco Pizarro dan tentara Spanyolnya menangkap Atahualpa, penguasa terakhir kerajaan Inca, di Cajamarca, Peru.

1093:
Saint Margaret, permaisuri ratu Malcolm III dari Skotlandia, yang memperkenalkan pengaruh Inggris yang kuat di negara angkatnya, meninggal dunia.


Sejarah Jagat Lainnya silahkan Buka Halaman
Load disqus comments

0 comments