Wednesday, December 9, 2015

Sejarah Jagat 9 Desember

2015:
Untuk pertama kalinya dalam sejarah politik di Indonesia dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah secara langsung serentak secara nasional untuk 269 Kepala Daerah (provinsi, kabupaten/kota). Pemilukada serentak ini diikuti oleh 9 provinsi, 30 kota dan 224 kabupaten.
kesurabaya.com
Peristiwa penting lainnya yang terjadi pada 9 Desember di belahan dunia lain dapat diinformasikan secara kilas balik, sebagai berikut:

1985:
Lima mantan pemimpin junta di Argentina dihukum karena peran mereka dalam “Perang Kotor” (1976-1983), di mana setidaknya 9.000 orang menjadi Desaparecidos; Jorge Rafael Videla dijatuhi hukuman penjara seumur hidup (meskipun kemudian diampuni dan ditahan kembali).

1918:
Menurut ketentuan gencatan senjata pada akhir Perang Dunia I, pasukan Sekutu melintasi Rhine ke posisi yang disetujui; Inggris berada di Cologne, Amerika di Coblenz, dan Perancis di Mainz.

1905:
Hukum Napoleon Konkordat 1801 dan pemisahan gereja dengan negara diadopsi di Perancis.

1872:
Pinckney Pinchback menjadi gubernur Amerika keturunan Afrika pertama di Amerika Serikat ketika ia menduduki jabatan sebagai Gubernur Louisiana saat incumbent diberhentikan; ia menjabat selama satu bulan.

1824:
Kemenangan menentukan Antonio José de Sucre atas Spanyol di Ayacucho di Peru menyebabkan penarikan pasukan kerajaan yang tersisa dan kemerdekaan bagi Peru (dan Bolivia).

1357:
Ibn Battutah yang bernama lengkap Muhammad Abu Abdullah bin Muhammad Al Lawati Al Tanjawi yang kemudian dikenal dengan Ibnu Batutoh. Lahir di Tanger (kota di sebelah utara Maroko) menyelesaikan catatan perjalanannya sejauh 120.000 Km.




Sejarah Jagat Lainnya silahkan Buka Halaman
Load disqus comments

0 comments